• DECEMBER 09, 2021

Meskipun gusi belum tentu menjadi hal utama dalam pikiran orang-orang ketika berbicara tentang perawatan kesehatan, gusi kita adalah aspek yang sangat penting dalam kesehatan mulut kita. Mereka membantu menempelkan gigi kita pada tempatnya dan menghubungkannya ke tulang wajah kita, khususnya rahang atas dan bawah. Semua sistem ini sangat saling berhubungan, dan ketika salah satu dari sistem tersebut rusak, hal ini dapat memengaruhi integritas keseluruhan senyuman kita.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan gusi Anda, hubungi dokter gigi di NW Calgary.

Apa itu Perawatan Periodontal?

Periodontal adalah istilah yang berarti “di sekitar gigi Anda”, yang secara harfiah menggambarkan gusi kita. Saat gusi kita terinfeksi atau sakit, kita bisa mengalami berbagai gejala yang tidak menyenangkan. Jika infeksi ini dibiarkan berlarut-larut, dapat menyebabkan masalah serius seperti kerusakan tulang dan bahkan kehilangan gigi.

Perkembangan kondisi ini ditandai dengan beberapa tahap tingkat keparahan. Tahap awal sering kali tidak terdeteksi karena biasanya tidak menyebabkan Anda merasakan banyak rasa sakit, jika pun ada.

Di bawah ini adalah gejala umum penyakit periodontal:

• Gusi berdarah.
  • Gigi Anda mulai goyang.
  • Kesenjangan mulai terbentuk di antara gigi Anda.
  • Gusi Anda lembut.
  • Peradangan, kemerahan, dan pembengkakan jaringan gusi.
  • Gusi yang surut.
  • Ada nanah di sekitar gigi Anda.
  • Bau mulut kronis.

Selain berbagai tanda tersebut, sejumlah faktor risiko lain dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya penyakit periodontal – merokok, pola makan yang buruk, dan kebersihan mulut yang buruk adalah dua contoh yang paling terkenal. Jika sudah termanifestasi, penyakit periodontal juga dapat menimbulkan penyakit fisik lainnya seperti pneumonia akibat bakteri, diabetes, dan kehamilan berisiko.

Karena penyakit periodontal adalah salah satu penyebab utama kehilangan gigi, penting untuk mencari perawatan periodontal lebih awal daripada terlambat. Jika Anda tidak yakin apakah Anda memerlukan perawatan periodontal di Calgary, lebih baik berhati-hati dan buatlah janji temu dengan dokter gigi umum Anda.

Mendiagnosis Tahapan Penyakit Periodontal

Dokter gigi Anda di Calgary akan dapat menentukan apakah Anda menderita penyakit periodontal, khususnya stadium penyakit mana yang Anda alami. Setelah hal ini selesai, mereka akan dapat merekomendasikan bentuk perawatan yang paling tepat untuk membantu kesehatan mulut Anda kembali normal.

Tiga tahap penyakit periodontal adalah:

• Radang gusi

Tahap awal sering kali luput dari perhatian. Plak mulai menumpuk di dalam jaringan gusi, mengeluarkan racun yang menyebabkan iritasi dan pendarahan. Mereka juga akan merasa sangat lembut.

• Periodontitis

Tahap ini adalah saat penumpukan plak mulai mengeras di karang gigi. Gusi Anda juga akan mulai surut sehingga membuat gigi Anda lebih rentan. Fenomena ini menyebabkan terbentuknya kantong di ruang antara gigi dan gusi yang dengan cepat terisi lebih banyak bakteri. Keropos tulang bisa mulai terjadi pada tahap ini.

• Periodontitis lanjut.

Keropos tulang menjadi jauh lebih serius, mengakibatkan gigi dan ligamen gusi tidak terdukung. Jika tidak ditangani, kondisi ini akan bertambah buruk dan gigi akan tanggal.

Mengobati Penyakit Periodontal

Bagi sebagian besar, jika tidak semua, kondisi kesehatan, semakin cepat Anda mencari pengobatan, semakin baik dan hal yang sama juga berlaku untuk penyakit periodontal.

Untuk menyembuhkan radang gusi, Anda harus datang untuk melakukan beberapa kali pembersihan gigi. Dokter gigi Anda juga akan mendiskusikan rutinitas harian Anda dengan Anda; Aktif menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan menggunakan obat kumur setidaknya dua kali sehari akan menghasilkan peningkatan yang signifikan pada kesehatan mulut Anda.

Untuk tahap kedua dan ketiga diperlukan penanganan scaling dan root planing. Anestesi lokal digunakan untuk membekukan mulut Anda dan kemudian setiap kantong Anda akan dibersihkan secara menyeluruh dari plak dan karang gigi. Area mana pun di gusi Anda yang kasar akan dihaluskan; ini membantu mendorong jaringan untuk pulih dan menempel kembali ke gigi Anda jika sudah surut. Anda mungkin juga diberikan obat kumur resep atau sikat gigi khusus.

Jika tidak satu pun dari pendekatan ini berhasil, dokter gigi Anda mungkin menyarankan operasi.

Apakah Anda ingin menerima perawatan periodontal di NW Calgary? Di Sunnyside, kami siap membantu Anda dalam perjalanan perawatan gigi Anda dan membantu Anda kembali mendapatkan senyuman yang layak Anda dapatkan. Staf kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan dan kekhawatiran apa pun tentang proses tersebut. Hubungi atau kunjungi situs web kami untuk memesan konsultasi kapan pun sesuai dengan jadwal Anda.